Bupati Karawang Resmikan Rusun Santri Ponpes Sumber Barokah

Share & Comment



Karawang (3/3). Bupati Karawang Dr. H. Cellica Nurrachadiana bersama jajarannya meresmikan Rusun Santri Pondok Pesantren Sumber Barokah (PPSB) Desa Wadas, Kecamatan Teluk Jambe Timur, Karawang.

Acara ini turut dihadiri Ketua DPRD Kabupaten Karawang, Kapolres Karawang, MUI Karawang, Ketua FKUB Karawang, FKPP Karawang, PC NU Karawang, DPD LDII kabupaten Karawang, dan tokoh-tokoh setempat.

Saat memasuki pintu gerbang ponpes, Bupati Karawang yang akrab dipanggil Teh Selli ini langsung disambut para santri dan warga Ponpes Sumber barokah. Ia disambut dengan pertunjukan Persinas ASAD menuju lokasi peresmian. Ia pun memberikan pidato sambutan acara sekaligus menandatangi prasasti peresmian rusun santri.

“Saya ingin berterimakasih atas kekompakan dan sinergi semua pihak dan stakeholder untuk membangun Karawang lebih baik lagi. Maka saya mengucapkan selamat dan sukses atas berdirinya Rusun Santri Sumber Barokah dan saya yakin rusun santri ini akan bermanfaat,” ujarnya.

Ia memuji komitmen LDII Karawang dalam mendidik putra putri Karawang. Harapannnya mereka akan menjadi akademisi yang saleh. Semua sepakat, pendidikan agama adalah pondasi utama bangsa ini. Ia juga menjanjikan bantuan lebih lanjut bagi Ponpes Sumber Barokah.

Ketua DPD LDII kabupaten Karawang H. Asep E. Rachmat pun menyambut baik pesan Teh Selli. Ia menyatakan, LDII mewadahi kegiatan umat masyarakat di lingkungan LDII yang mau belajar quran dan hadis, serta membimbing mereka untuk mengamalkan ilmu yang diperoleh. Agar lancar, kegiatan itu fasilitasi dengan sarana dan prasarana sesuai Anggaran Dasar Rumah Tangga.

“Kami membina silaturrahim antar agama dan membina ketaqwaan umat secara kaffah. Kita menjaga keutuhan NKRI, Pancasila, dan UUD 45. Pendidikan mental kita lewat pelatihan bela negara, kegiatan Go Green dan Citarum harum, serta antar lintas agama kita mengikuti kegiatan fkub yang bermanfaat bagi kepentingan masyarakat,” ujar H. Asep E. Rachmat saat memberi laporan kegiatan LDII Karawang.



Ketua Ponpes Sumber Barokah Dr. Ir. H. Mustaghfirin menyatakan, ada 2023 santri yang mengenyam pendidikan di ponpesnya. Ponpes Sumber Barokah menerima santri pertama kalinya pada tahun 1984. Hingga tiga tahun terakhir ini mengalami peningkatan jumlah santri yang signifikan.

“Kami bekerjasama dengan DPD LDII Kabupaten Karawang dan Yayasan Al Ulya menyelenggarakan pendidikan mulai dari jenjang SMP, SMA, dan SMK. Dalam kemandirian, kami mengadakan pendidikan dan pelatihan bekerjasama dengan Kemenag Karawang, Kodim Karawang, MUI Karawang, dan sebagainya,” ujarnya.

Pembenahan terus dilakukan hingga mendapat bantuan rusun pada tahun 2019 akhir. Ponpes Sumber Barokah memperoleh satu unit rusun santri dengan dua lantai, empat kamar besar dengan 11 unit tempat tidur dan lemari. Dr. Ir. H. Mustaghfirin juga menyatakan, bantuan dari pemerintah pusat ini sudah memenuhi persyaratan dan rekomendasi dari Kemenag dan Bupati Karawang.

“Ini hibah dari KemenPUPR, kami sangat bersyukur, berterimakasih dan memberikan penghargaan kepada berbagai pihak terutama ibu Bupati Karawang yang memberikan rekomendasi, dukungan moril dan materiil. Kami akan terus melaksanakan pembenahan dan perbaikan sarana dan prasarana untuk mengemban amanat orang tua santri,” ujarnya.

Dengan adanya bantuan tersebut, harapannya akan berdampak pada pembangunan manusia Indonesia yang menyeluruh antara lahir dan batin serta dunia dan akhirat. Pembinaan santri-santri lulusan Ponpes Barokah kelak akan menjadikan mereka SDM yang berkepribadian, berkeperadaban, alim faqih, maju, dan modern.*/ldii.or.id

Tags:
 
Copyright © DPW LDII Papua Barat |Created By s@e| Templateism.com