Semangat Sumpah Pemuda, LDII Untuk Bangsa

Share

*Menjadi Pemuda Pemersatu Indonesia*

Ayo kita kenang jasa anak-anak muda yang nekat berikrar memiliki tanah air, bahasa, dan sebuah negara Indonesia. Padahal tahun itu baru 1928. Mereka pemilik ratusan bahasa dan suku ingin bersatu.

Boleh dikata Sumpah Pemuda 1928 adalah salah satu tonggak utama dalam sejarah Indonesia. Ikrar ini dianggap sebagai kristalisasi semangat untuk menegaskan cita-cita berdirinya negara Indonesia.
Yang dimaksud dengan "Sumpah Pemuda" adalah keputusan Kongres Pemuda Kedua yang diselenggarakan 27-28 Oktober 1928 di Batavia (Jakarta).

Keputusan ini menegaskan cita-cita akan ada "tanah air Indonesia", "bangsa Indonesia", dan "bahasa Indonesia". Keputusan ini juga diharapkan menjadi asas bagi setiap "perkumpulan kebangsaan Indonesia" dan agar "disiarkan dalam segala surat kabar dan dibacakan di muka rapat perkumpulan-perkumpulan".

Cita-cita memiliki negara Indonesia, diwujudkan secara konkret pada 17 Agustus 1945.
Dan saat ini, 90 tahun dari Sumpah Pemuda. Suatu rentang waktu yang tidak singkat (1928-2018).
Mempersatukan gugusan pulau yang terpecah dan menjadikannya satu kebangsaan dan satu tanah air yaitu tanah air Indonesia bukanlah hal yang mudah dan sederhana.

Perlu kesungguhan dan tekad yang membara. Maka tugas kita saat ini untuk terus menghargai dan menghormati jasa para pahlawan bangsa dan menumbuhkembangkan rasa persaudaraan sesama anak bangsa karena kita semua adalah saudara.

Selain itu, sebagai bangsa, mari kita gunakan bahasa Indonesia dengan baik, karena bahasa Indonesia merupakan pemersatu dan penjaga kedaulatan bangsa Indonesia.
Bahasa Indonesia merupakan jati diri bangsa, kebanggaan nasional, dan menjadi sarana pemersatu berbagai suku bangsa, sekaligus sarana komunikasi antardaerah dan antar budaya daerah.

Persatuan menjadi kata kunci, di saat ancaman perpecahan di depan mata, semua pandangan harus melihat kembali esensi sumpah pemuda. Sebab betapapun hebatnya pemimpin, tak ada gunanya memimpin sebuah bangsa yang berpecah belah.

Selamat Hari Sumpah Pemuda 28 Oktober 2018.

#SumpahPemuda
#90tahunsumpahpemuda
#ldii_news
#LDIIuntukBangsa
#LDII

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags:
 
Copyright © DPW LDII Papua Barat |Created By s@e| Templateism.com