DPP LDII dan Google Gapura Digital Bangun Digital Market UKM

Share



Jakarta, (7/11). Aidil Wicaksono, fasilitator dari Google Gapura Digital mengatakan cara memasarkan produk di zaman dulu berbeda dengan cara memasarkan di zaman sekarang. Hal tersebut ia sampaikannya dalam acara Pelatihan Digital Marketing untuk Unit Kegiatan Mandiri (UKM), yang diadakan di kantor pusat Dewan Pimpinan Pusat Lembaga dakwah Islam Indonesia (DPP LDII), Kamis (7/11).

“Teknologi Digital digunakan untuk memudahkan semua orang dalam melakukan segala hal, termasuk dalam berbisnis” ujarnya

Memasuki Industri 4.0, teknologi digital sangat dibutuhkan untuk menunjang segala aspek kehidupan modern, termasuk dalam aspek ekonomi dan bisnis. Untuk itu, Indonesia memerlukan sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas mumpuni untuk bersaing di Industri 4.0

Pelatihan Digital Marketing untuk UKM yang dilaksanakan oleh DPP LDII merupakan salah satu cara DPP LDII mengembangkan SDM di Indonesia. Kegiatan hari ini merupakan lanjutan dari kegiatan hari Rabu (6/11) yang disampaikan Wira Pradana dari Departemen Teknologi Informasi dan Aplikasi Telematika (TIAT) DPP LDII,

“Tujuan kita masuk dalam dunia bisnis digital adalah bagaimana memudahkan konsumen untuk menemukan barang yang mereka cari di website. Jadi kita harus membuat platform kita semudah mungkin dan memiliki informasi selengkap mungkin,” ujar Aidil dalam pemaparannya

Ia menjelaskan bahwa para pegiat bisnis yang masuk dalam dunia digital harus memiliki konten yang bagus dan positif agar dapat menarik minat konsumen.

“Content adalah isi. Content marketing adalah gaya pemasaran masa kini. Content digital marketing merupakan strategi untuk merencanakan membuat dan mendistribusikan kegiatan pemasaran dalam dunia bisnis digital”

Aidil berujar bahwa content terdiri dari berbagai macam jenis. Content dapat berupa foto, tulisan artikel, infografis untuk menyederhanakan penjabaran data, video dan juga audio yang saat ini dikenal dengan sebutan podcast.

“Kita semua adalah pembuat content, dari post facebook, story instagram, video di channnel youtube dan banyak lagi. Akan tetapi membuat konten yang bagus dan berfaedah yang dapat menarik orang lain untuk melihat itu sulit,” ujarnya.

Pelatihan Digital Marketing untuk UKM yang diselenggarakan 6-7 November 2019 ini merupakan kerjasama DPPLDII dengan Pikub.com dan Google Gapura Digital. Kegiatan ini sebagai tindak lanjut hasil Lokakarya Nasional di Era Digital yang diadakan 10-13 September 2019 lalu.(laras/lines/ldii.or.id)

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags:
 
Copyright © DPW LDII Papua Barat |Created By s@e| Templateism.com