DPD LDII Manokwari Kembali Gelar Festival Generus Emas Manokwari (GEMA)

Share

Untuk mewujudkan generasi muda yang faqih, ber-akhlakul karimah dan sekaligus untuk menakar kemampuan generasi muda dalam hal pemahaman agama, Pembina Generus (PG) DPD LDII Kab. Manokwari mengadakan Festival Generus Emas Manokwari (GEMA) II Tahun 2015. Kegiatan dengan mengambil tema “Mencetak Generasi Penerus Yang Berilmu, Berakhlaqul Karimah, Disiplin dan Mandiri” ini merupakan festival tahun ke-2 yang telah dilaksanakan oleh DPD LDII Kab. Manokwari. Acara dilaksanakan pada hari Rabu tanggal 30 Desember 2015 bertempat di aula Al-Mubarok DPD LDII Kab. Manokwari, Fanindi acara ini diikuti oleh semua TPA yang ada di PC LDII se-Kab. Manokwari. Dengan jumlah peserta lebih kurang 100 anak caberawit

Acara ini dibuka oleh ketua DPD LDII Kabupaten Manokwari bapak Abdul Aziz,S.Pd. Dalam sambutannya beliau bangga dengan generasi penerus Manokwari yang semangat mengikuti kegiatan Festival GEMA II, dan bersemangat berlomba-lomba untuk menjadi juara pertama. “tidak hanya pintar disekolah, tapi harus pintar dalam urusan ibadah diantaranya urusan mengaji, urusan sholat” ujar beliau. Selain itu beliau juga mengingatkan dalam menghadapi pergantian tahun 2015 ke tahun 2016 tidak boleh menghambur-hamburkan uang untuk membeli petasan atau kembang api. Walau masih caberawit tetap harus diberi pengertian bahwa membeli petasan dan kembang api itu termasuk menghambur-hamburkan  uang yang artine memubadzirkan rizky yang sudah Allah berikan. Dalam kesempatan ini bapak Abdul Aziz juga memberi semangat dengan mengajak bertepuk tangan yel-yel Caberawit.

Dalam festival ini dibagi menjadi 4 kelas diantaranya kelas Usia Dini (dibawah 5 tahun) yang memperlombakan mewarnai, Hafalan surat pendek (Surat Al Fatihah, Surat An Nas, Surat Al Falaq) dan hafalan do’a harian (do’a Kebaikan dunia akhirat, Do’a untuk kedua orang tua), Kelas A (umur 5-6 Tahun) memperlombakan menulis huruf hijaiyah, hafalan bacaan sholat (doa Iftitah, bacaan ruku', i'tidal, bacaan sujud, duduk antara 2 sujud), menghafal surat pendek (surat Al Fatihah, surat An Nas, surat Al Falaq, surat Al Ikhlas, surat Al Lahab, Surat An Nashr) dan do’a harian (Do’a Kebaikan dunia akhirat, Do’a untuk kedua orang tua, Do’a akan dan bangun tidur, Do’a sesuah makan), kelas B (Umur 7-9 Tahun) memperlombakan membaca Iqro’/ tilawati, hafalan surat pendek (Surat Al Kafirun, Surat Al Kaustar, Surat Al Asyr, Surat Al Quraisy, Surat Al Fiil, Surat Al Maun, Surat Al Humazah, Surat At Takatsur, Surat Al Qodr), dan do’a harian (do’a mencari ilmu I, Do’a mencari ilmu II, do’a ketika mendengar petir, do’a ketika melihat musibah, do’a masuk rumah, Do’a keluar rumah, Do’a masuk  WC, do’a berpakaian, Do’a berpuka puasa, do’a keluar WC) dan yang terakhir adalah kelas C yang memperlombakan bacaan Al-Qur’an, hafalan dalil-dali (bab mengaji, bab mengamalkan), Do’a harian (Asmaul husna, do’a rutin), dan menulis membaca pegon/arab gundul.

Anak-anak sangat antusias mengikuti acara festival GEMA II ini, terilihat dari wajah-wajah mereka yang selalu caria tanpa lelah, mengikuti satu demi satu pelombaan yang dilaksanakan di kelas masing-masing. Keceriaan peserta memuncak ketika diadakan acara hiburan yang dipandu oleh remaja masjid Al-Mubarok, Fanindi. Acara diakhiri dengan pengumuman pemenang dan penyerahan piala kepada pemenang-pemenang lomba yang diserahkan langsung oleh ketua PG DPD LDII Kab. Manokwari Bpk. Dwijo Sasono, S.Pd.

Kegiatan Festival GEMA II ini merupakan salah satu program kerja PG DPD LDII Kab. Manokwari dengan tujuan untuk mengevaluasi sejauh mana perkembangan generasi penerus LDII dalam pelaksanaan pembinaan selama satu tahun berjalan, meningkatkan semangat cabe rawit dalam mencari ilmu agama. Dengan berkompetisi tentunya mereka akan lebih terpacu semangat untuk mencari ilmu agama. Karena bekal agama adalah bekal yang sangat berharga. */sae

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags: ,
 
Copyright © DPW LDII Papua Barat |Created By s@e| Templateism.com